Kamis, 31 Maret 2011

Klasifikasi Seni Rupa

Dilihat dari tujuan, nilai dan fungsinya karya seni rupa dapat dikelompokan menjadi dua kelompok, yaitu karya seni rupa murni dan terapan.

Seni Rupa Murni
Seni rupa murni (pure/fine art) merupakan seni rupa yang tidak memperhatikan unsur praktis. Karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya.

Cabang Seni Rupa Murni
a. Seni Lukis
Seni lukis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi.  Karya seni lukis umumnya dibuat di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak atau cat akrilik.
Seni Lukis


b. Seni Grafis
Seni grafis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasaman pada bahan metal), dan lito (pencetakan dengan batu litho).
cukil kayu petruk

c. Seni Patung
Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untukmembuat patung, di antaranya kayu, batu atau logam. Karya patung yang besar biasa disebut seni monumental.
Seni Patung

d. Seni keramik
Seni keramik dapat juga dikategorikan sebagai cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud tiga dimensi. Keramik dibuat dengan menggunakan bahan utama lempung, kaolin atau tanah.
Seni Keramik


Seni Rupa Terapan
Seni rupa terapan (applied art) merupakan cabang seni rupa yang mengkhususkan penciptaannya pada nilai praktis karya yang dihasilkan.

Cabang Seni Rupa Terapan
a. Desain Produk
Desain produk merupakan suatu kegiatan yang berusaha memecahkan masalah kebutuhan manusia untuk memperoleh pralatan dan benda-benda yang menunjang kegiatan sehari-hari. Karya desain produk, diantaranya alat transportasi, alat rumah tangga, mebel, alat makan, perhiasan, pakaian dll.
Desain Pakaian

b. Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual
Desain komunikasi visual merupakan kegiatan yang berusaha untuk memecahkan kebutuhan media komunikasi masyarakat yang dicetak. Karya desain grafis, di antaranya buku, brosur, undangan, majalah, surat kabar, dan logo perusahaan.
Brosur

c. Desain Arsitek
Desain arsitek merupakan kegiatan yang berusaha memecahkan kebutuhan dalam masalah hunian masyarakat yang indah dan nyaman. Karya desain arsitektur, di antaranya rumah tempat tinggal, perkantoran, sarana rekreasi dan rumah sakit.
Desain Rumah Sakit

d. Desain Interior
Desain interior merupakan suatu kegiatan yang berusaha memecahkan kebutuhan manusia untuk mempunyai ruangan yang nyaman dan indah. Karya desain interior antara lain desain toilet, cafe, hotel dll.
Desain Kamar Mandi